P4MP Politeknik Negeri Bengkalis: Workshop Kurikulum Berbasis KKNI

Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Politeknik Negeri Bengkalis menyelenggarakan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI yang dilaksanakan pada 11 - 12 Oktober 2013 di ruang vicon Politeknik Negeri Bengkalis dengan narasumber Dr. Liliana Sugiharto, M.S, PA (K) yang merupakan pakar dalam bidang penelitian/ riset dan juga publikasi.

KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kerja yang menyandingka, menyetarakan, mengintegrasikan, sektor pendidikan dan pelatihan pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan jabatan kerja diberbagai sektor. Latar belakang KKNI sendiri yaitu karena adanya tantangan dan persaingan global, ratifikasi Indonesia diberbagai konvensi, adanya kesenjangan mutu, jumlah dan kemampuan serta beragamnya pendidikan. Dengan adanya KKNI ini diharapkan adanya pernyataan dan pengakuan kualitas SDM Indonesia yang dapat dinilai setara dengan SDM asing.

"Tujuan dari workshop KKNI ini diselenggarakan adalah untuk menyamakan cara pandang, cara pikir dan menyamakan persepsi untuk menyusun kurikulum berbasis KKNI khususnya bagi seluruh dosen di Politeknik Negeri Bengkalis ". ungkap ketua panitia sekaligus Kepala P4MP Politeknik Negeri Bengkalis Bapak Razali, ST., MT.

Dalam workshop yang diselenggarakan selama 2 hari ini para peserta diberi bekal yang berupa pelatihan, pemberian tugas penyusunan kurikulum, diskusi kelompok serta cara pembuatan kurikulum berbasis KKNI. Antusiasme peserta terlihat disetiap sesi, khususnya pada sesi diskusi kelompok yang masing - masing kelompok memberikan tanggapan dan komentar yang menarik tentang konsep kurikulum berbasis KKNI itu sendiri. " Diharapkan KKNI ini dapat diimplikasikan di perguruan tinggi dan sasaran dari KKNI ini dapat tercapai yakni penataan mutu pendidikan yang berdasarkan jenjang dan kualifikasi lulusan, adanya penyesuaian pembelajaran (learning outcomes) untuk prodi sejenis dan penyetaraan capaian pembelajaran dengan jenjang kualifikasi dunia kerja " jelas Dr LiLiana Sugiharto, M.S, PA (K) saat ditemui disela - sela acara. (WM- Polbeng)