Review dan Diskusi Borang BAN PT Program Studi Administrasi Bisnis

 Admin P4MP Polbeng     Berita     16 September 2016

Sebuah standardisasi pendidikan sangat diperlukan untuk menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Apalagi dalam sebuah perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri atau swasta. Perlu dipahami, akreditasi adalah suatu bentuk standardisasi sebagai penentuan standar mutu serta penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan (dalam hal ini pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga pendidikan itu sendiri.

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, program studi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal. Untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, program studi harus diakreditasi oleh lembaga penjaminan mutu eksternal. Dengan sistem penjaminan mutu yang baik dan benar, program studi akan mampu meningkatkan mutu, menegakkan otonomi, dan mengembangkan diri sebagai penyelenggara program akademik/profesional sesuai dengan bidang studi yang dikelolanya, dan turut serta dalam meningkatkan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan.

 

Tujuan dan manfaat akreditasi adalah sebagai berikut :

  • Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang ditetapkan itu.
  • Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi
  • Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

 

Standar akreditasi  perguruan tinggi mencakup standar tentang komitmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan(educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:

Standar 1.     Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian

Standar 2.     Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu

Standar 3.     Mahasiswa dan lulusan

Standar 4.     Sumber daya manusia

Standar 5.     Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

Standar 6.     Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi

Standar 7.     Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama

 

Program Studi D3 Administrasi Bisnis akan memasuki masa perpanjangan/memperbaharui Akreditas Prodi, namun perlu dilakukan persiapan yang matang. Kegiatan meriview dan diskusi pembahasan dokumen borang sesuai standar tersebut telah dilaksanakan oleh Program Studi D3 Administrasi Bisnis dengan Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP). Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kesiapan dan kelengkapan Dokumen Borang sebelum dilakukan proses visitasi Akreditasi oleh BAN-PT.(P4MP-Polbeng)

 


Alamat

Jl. Bathin Alam, Sungai Alam - Bengkalis - Riau - Indonesia. Kode Pos : 28711

Hubungi Kami

Telp. (+62766) 24566 / 24577
Fax. (+62766) 8001000

Website : http://p4mp.polbeng.ac.id
Email : p4mp@polbeng.ac.id

Copyright

UPT. Komputer, jaringan dan Sistem Informasi
Politeknik Negeri Bengkalis