Simulasi Dokumen Borang Akreditasi Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

 Admin P4MP Polbeng     Berita     01 April 2016

Akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh institusi perguruan tinggi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi perguruan tinggi.

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Mutu institusi perguruan tinggi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan keluaran atau layanan institusi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Sebelum BAN-PT melakukan kunjungan atau asesmen ke Program Studi yang mengajukan Akreditasi maka, terlebih dahulu Program Studi menyiapkan Dokumen Borang Akreditasi sesuai dengan standar tersebut.

Standar akreditasi adalah tolok ukur yang harus dipenuhi oleh  perguruan tinggi. Standar akreditasi terdiri atas beberapa parameter (indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar (1) penyajian data dan informasi mengenai kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  perguruan tinggi, yang dituangkan dalam instrumen akreditasi; (2) evaluasi dan penilaian mutu kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan  perguruan tinggi, (3) penetapan kelayakan  perguruan tinggi untuk menyelenggarakan program-programnya; dan (4) perumusan rekomendasi perbaikan dan pembinaan mutu  perguruan tinggi.  

Standar akreditasi  perguruan tinggi mencakup standar tentang komitmen perguruan tinggi terhadap kapasitas institusional (institutional capacity) dan komitmen terhadap efektivitas program pendidikan(educational effectiveness), yang dikemas dalam tujuh standar akreditasi, yaitu:

Standar 1.     Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian

Standar 2.     Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu

Standar 3.     Mahasiswa dan lulusan

Standar 4.     Sumber daya manusia

Standar 5.     Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

Standar 6.     Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi

Standar 7.     Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama

Kegiatan simulasi pembahasan dokumen borang sesuai standar tersebut telah dilaksanakan oleh Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan (TPJJ) dengan Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP). Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kesiapan dan kelengkapan Dokumen Borang sebelum dilakukan proses visitasi Akreditasi oleh BAN-PT.(P4MP-Polbeng)


Alamat

Jl. Bathin Alam, Sungai Alam - Bengkalis - Riau - Indonesia. Kode Pos : 28711

Hubungi Kami

Telp. (+62766) 24566 / 24577
Fax. (+62766) 8001000

Website : http://p4mp.polbeng.ac.id
Email : p4mp@polbeng.ac.id

Copyright

UPT. Komputer, jaringan dan Sistem Informasi
Politeknik Negeri Bengkalis